SK SKP

Sabtu, 04 November 2017

GAMA I sebagai Sarana Pembelajaran untuk Menghadapi UAS Semester Genap

UAS (Ujian Akhir Semester) merupakan salah satu proses dimana saatnya intelektual mahasiswa diukur. Sejauh mana mereka sudah menangkap hasil pembelajaran di setiap semesternya. Kadang kala persentase nilai dari UAS dijadikan tolak ukur yang cukup besar dalam menentukan nilai daripada mahasiswa tersebut disamping nilai keseharian dan kehadiran  mereka. Maka dari itu materi-materi yang di ujikan kadang kala menjadi boomerang yang sangat menakutkan bagi mahasiswa itu sendiri apabila tidak menguasai materi tersebut pada saat UAS berlangsung.




Agar mahasiswa dapat menerima, memahami, dan menguasai materi UAS dengan baik sehingga mahasiswa tidak mengalami kegagalan atau pengulangan mata kuliah yang cukup sulit. Maka Himpunan Mahasiswa Akuntansi mengadakan kegiatan Gema Akademik Mahasiswa Akuntansi (GAMA). Yang nantinya diharapkan dapat membantu mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi akuntansi untuk lebih memahami mata kuliah yang dianggap sulit agar mendapatkan nilai yang terbaik dalam pelaksanaan UAS. Kegiatan Gema Akademik Mahasiswa Akuntansi dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengajaran dan diskusi tentang matakuliah dalam menghadapi evaluasi perkuliahan serta pembahasan soal – soal tahun lalu ataupun soal – soal seputaran UAS. Karena pembahasan  soal – soal merupakam hal terpenting dalam menghadapi UAS.
Program kerja ini diadakan sekali pada akhir semester genap namun untuk tahun  ini mengalami pengembangan yang rencananya diadakan tiap akhir semester. GAMA diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Dimana pada angkatan 2015 mata kuliah yang diajarkan akuntansi keuangan lanjutan dan akuntansi manajemen sedangkan angkatan 2016 mata kuliah yang diajarkan statistika ekonomi lanjutan dan akuntansi keuangan I. Adapun kendala yang dihadapi oleh Putu Ayu Fitriaini sebagai ketua panitia GAMA tahun 2017 seperti sulitnya mencari dosen pengajar dan kesenjangan antara peserta yang membeli tiket dengan peserta yang hadir saat hari h disebabkan oleh waktu yang berubah – ubah karena berbenturan antara jadwal kuliah pengganti.



GAMA tahun 2017 dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei 2017 pukul 14.30 – 15.30 bertempat di Gedung BM 3.1 dan BM 3.3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan materi Akuntansi Keuangan Lanjutan, Jumat, 26 Mei 2017 pukul 12.00 -15.00 di gedung BJ 3.1 dan BJ 4.4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayanadengan materi Akuntansi Manajemen, Jumat, 26 Mei 2017 pukul 15.30 – 18.30 di gedung BJ 3.1 dan BJ 4.4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan mata kuliah Akuntansi Keuangan I, dan yang terakhir Sabtu, 27 Mei 2017 pukul 08.30 – 11.30 di gedung BM 2.2 dan BM 2.3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dengan materi Statistika Ekonomi Lanjutan.
Semoga kendala yang dihadapi di GAMA saat ini bisa dicarikan solusinya untuk GAMA kedepannya sehingga pelaksanaannya bisa jadi lebih baik”, begitulah harapan terbesar yang dilontarkan oleh Ayu Fitriani selaku ketua panitia.  Dirinya menaruh rasa terimakasih yang sebesar-besarnya pula karena dipercaya sebagai ketua program kerja GAMA tahun ini, banyak pelajaran yang didapat oleh dirinya meskipun hanya mengemban tugas untuk semester genap ini saja.
Adapun program kerja GAMA semester depan akan diketuai oleh Rama Wirya. Terbesit harapan besar tentunya pula dalam diri Rama yaitu agar dapat membawa program kerja ini kearah yang lebih baik lagi kedepannya baik dari segi tingkat antusias peserta maupun segi materi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar